Temanggung, Kabupaten Temanggung, memang banyak memiliki tempat wisata salah satunya adalah tempat wisata Candi Pringapus Temanggung. Layaknya candi pada biasanya Candi Pringapus Temanggung tidak hanya memberikan wisata di bidang arkeologi, namun juga memberikan wisata pendidikan, wisata sejarah, serta wisata budaya.

Sejarah Tempat Wisata Candi Pringapus Temanggung

Umur dari candi ini sendiri mampu dibilang cukup tua karena dibentuk pada tahun 850 masehi dan selesai dikerjakan pada 2 tahun selanjutnya. Arca-arca yang terdapat di candi ini bercorak Hindu Siwaistis, itu dibuktikan karena banyaknya ditemui arca-arca yang berkaitan dengan agama hindu spesialnya yang berhubungan dengan Dewa Siwa.

Bentuk dari bangunannya dipercaya ialah tiruan ataupun replikasi dari Mahameru yang ialah tempat tinggal para dewa, mengapa mampu dikatakan demikan? Karena terdapat relief hapsara-hapsari dan hiasan antefic yang membuktikan cerminan makhluk separuh dewa.

Menurut laporan yang tersebar, seorang arkeolog asal Belanda bernama Abbe Vogler pernah melaksanakan suatu riset terhadap salah satu hiasan yang terdapat diatas pintu candi yang disebut dengan hiasan ketika makara. riset itu membuahkan hasil 5 buah periode penanggalan yang telah dipetakan.

Candi pringapus berhasil dibentuk sekitar tahun 850 masehi ataupun 772 C. Restorasi candi diadakan pada tahun 1932 menurut data yang terdapat di dalam prasasti yang berhasil ditemui disekitar candi. Pola tata letak dari candi pringapus ini memakai pola tata letak Jawa Tengah. Sebagaimana yang nampak terdapat candi induk yang disebut dengan candi perwara, candi ini menghadap ke bagian timur dan telah mengalami rekonstruksi.

Di dalam candi perwara ini terdapat sebuah arca yang diketahui dengan nama arca nandi. tidak hanya candi induk, di sekitar lingkungan candi pringapus juga terdapat banyak batu yang ialah sisa-sisa bagian dari bangunan lain.

Terdapat pula sebuah arca yang bernama arca durga mahesasuramardhini di sisi yang lain. Dimana konon ceritanya durga sebagai salah satu perwujudan uma dalam manifestasinya sebagai seorang dewi menawan yang memiliki bermacam tipe senjata yang ialah anugerah dari para dewa.

Uma ialah istri dari dewa siwa, dalam wujudnya sebagai durga ia juga dipercaya mampu mengalahkan seorang raksasa sakti dalam bentuk kerbau yang pada ketika itu menggangu para brahmana. tidak hanya durga mahesasuramardhini, terdapat pula Yoni.

Yoni ialah perwujudan lain uma sebagai alas dari arca siwa yang biasanya berbentuk lingga. keyakinan mengatakan bahwa apabila lingga dan yoni bersatu, hal tersebut ialah simbol dari kesuburan serta pencipta alam semesta.

Keunikan tempat wisata candi Pringapus Temanggung adalah relief-reliefnya yang masih utuh nampak jelas serta karakteristik unik yang dimiliki menjadi daya tarik sendiri bagi para turis. Biasanya turis asing yang banyak berkunjung berasal dari Belgia, Amerika Serikat, dan juga Belanda.

Baik pada masa liburan sekolah ataupun pada saat bertepatan pada libur banyak turis baik dari dalam kota, luar kota, ataupun mancanegara memadati tempat wisata ini. tidak hanya oleh masyarakat, banyak juga murid-murid sekolah melaksanakan wisata belajar ke wilayah candi.

Begitulah beberapa mengenai sejarah serta gimana candi pringapus yang terletak di Temanggung. Tidak ada salahnya Anda yang sedang liburan ke Temanggung menjadikan candi ini sebagai salah satu destinasi wisata. Tidak hanya berjalan-jalan Anda dan keluarga juga akan semakin banyak tahu mengenai aset sejarah.

Lokasi dan Arah Ke Candi Pringapus

Candi Pringapus terletak berada di wilayah Utara kabupaten Temanggung. Rute mengarah situs candi ini dari pusat kota Temanggung mengarah ke arah Utara mengarah Parakan. Dari Parakan pilihlah jalur mengarah ke arah Ngadirejo sebagai jalan utama mengarah ke Jalur Pantura. Sebelum tiba di zona pasar Ngadirejo ada sebuah jalan kecil ke kiri merambah kawasan pemukiman penduduk. Ikuti jalan tersebut hingga ujung pemukiman dan akhirnya tiba di zona candi.

Sarana Wisata Candi Pringapus

  • Zona Parkir Kendaraan
  • Mushola dan Kamar Mandi/MCK
  • Tempat Istirahat

Harga Tiket Masuk

Biaya untuk masuk ke tempat ini cukup murah, hanya cukup membayar Rp. 3000 saja kalian mampu menikmati keelokan Candi Pringapus ini.

Sekian Informasi tentang wisata Candi Pringapus Hindu di Temanggung. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here