Home Teknologi Perbedaan Xbox Series X dan Series S?

Perbedaan Xbox Series X dan Series S?

Untuk menyaingi Sony Playstation 5, Microsoft meluncurkan Xbox seri terbarunya yang dirilis perdana 10 November 2020 mendatang. Terdapat dua seri game konsol yaitu Xbox Series X dan Series S, lalu apa perbedaan keduanya?

Xbox Series X merupakan game konsol terbaru 2020 dari Microsoft yang hadir menggantikan generasi pendahulunya yaitu Xbox One X. Xbox Series X yang sekarang bergelar next gen atau generasi penerus terbaru. Konsol ini juga diklaim empat kali lebih kuat dari Xbox One X.

Tidak hanya menggantikan posisi Xbox One X, Xbox Series X juga hadir untuk menantang saingan beratnya yaitu Sony Playstation 5.

Namun ternyata Microsoft tidak hanya mengeluarkan Series X saja, masih ada game konsol yang bernama Xbox Series S yang juga meluncur di waktu bersamaan.

Nah, yang jadi pertanyaan bagi calon pembeli sudah pasti Apa bedanya Xbox Series X dan Xbox Series S? Agar jangan sampai salah pilih sebelum membeli sebaiknya simak terus ulasan berikut ini.

Mengenal perbedaan Xbox Series X dan Xbox Series S lebih jauh

Kedua game konsol buatan Microsoft ini sama-sama keluaran terbaru 2020, namun memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda.

Perbedaan yang paling mencolok dapat dilihat dari desain antara Series X yang sedikit lebih besar dari Xbox Series S. Selain ukurannya yang berbeda, warna yang diberikan juga sangat kontras pada kedua konsol tersebut.

Xbox Series X berwarna hitam dan untuk yang series S memiliki bodi berwarna putih, namun pada bagian kipas nya diberi warna hitam yang melingkar.

Harga Xbox Series X dan S

Harga Xbox Series X dibanderol lebih mahal dari yang Series S. Untuk bisa membawa pulang satu unit Xbox Series X, anda harus merogoh kocek 499 USD atau setara dengan tujuh juta tiga ratus delapan puluh ribuan rupiah. (Kurs 1 USD = Rp 14800)

Sedangkan untuk Xbox Series X, Microsoft memberi harga yang lebih murah yaitu 299 USD atau jika di rupiahkan berarti sekitar empat juta empat ratus ribuan.

Jika diperhatikan lebih teliti lagi, harga yang ditawarkan antara Xbox series X dan S mempunyai selisih yang lumayan. Dengan selisih harga yang mencapai tiga jutaan, tentunya dapat membuat orang untuk berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

Bagi anda yang mempunyai budget besar tentu bisa langsung membeli yang series X. Karena Xbox Series S adalah varian murahnya Series X untuk calon pembeli dengan budget pas-pasan.

Namun dengan harga yang berbeda, maka sudah pasti ada beberapa perbedaan spesifikasi dan pengurangan fitur pada yang seri S.

Spesifikasi Xbox Series X dan Series S

Xbox Series X dan Series S sama-sama menggunakan prosesor AMD Zen 2, namun yang Series X bisa dikatakan sedikit lebih cepat performa nya dari yang series S. Ini karena Microsoft memberikan clock speed yang berbeda antara series x yang memiliki kecepatan 3,8 GHz dan series S yang memiliki kecepatan 3,6 GHz.

Selain CPU, perbedaan juga terlihat dari GPU yang digunakan kedua Xbox ini. Jika dilihat sekilas, keduanya memang sama-sama menggunakan GPU AMD RDNA 2.

Namun performa nya bisa menjadi berbeda karena Microsoft “mengurangi” sedikit kemampuan pada yang series S.

Xbox Series X memiliki kemampuan komputasi yang lebih tinggi hingga 12,15 teraflops, sedangkan yang Series S kemampuannya di pangkas menjadi 4 teraflops saja.

Perbedaan spesifikasi lainnya yang menonjol juga pada kapasitas RAM yang diberikan. Xbox Series X dibekali kapasitas RAM 16 GB GDDR6, sedangkan Xbox Series S hanya dibekali RAM 10 GB GDDR6.

Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada performa game yang sedang dimainkan. Namun meskipun memiliki kapasitas RAM yang jauh berbeda, Sony telah mengklaim bahwa keduanya sama-sama mampu memainkan game dengan mulus di resolusi 4K.

Perbedaan terakhir yang dapat anda pertimbangkan sebelum membeli Xbox seri X atau S yaitu terdapat pada fitur pendukung yang diberikan.

Xbox Series X telah dilengkapi fitur pendukung slot atau laci piringan Blu-ray. Sedangkan yang series S tidak dibekali slot atau laci piringan Blu ray. Hal ini tentu juga menjelaskan bahwa karena faktor pendukung inilah pada Xbox Series S mempunyai ukuran bodi yang lebih ramping atau kecil dari yang series X.

Exit mobile version