Temanggung merupakan Kabupaten yang bersebelahan dengan kabupaten Banjarnegara ini memiliki kondisi geografis yang sangat dipengaruhi oleh 2 gunung besar di Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung terletak di lereng gunung Sindoro dan gunung Sumbing yang menjulang besar di Jawa Tengah. Kabupaten temanggung memiliki bermacam tempat wisata alam yang menarik dan layak untuk didatangi. Salah satunya merupakan obyek wisata alam air terjun. Air terjun yang populer di Temanggung salah satunya merupakan Curug Trocoh yang berada di dataran besar Temanggung. Berikut merupakan review mengenai tempat tersebut dari bermacam sumber.

Curug Trocoh lebih dikenal oleh warga Temanggung sebagai Curug Surodipo, karena berhubungan dengan sejarah  Pangeran Diponegoro melawan Belanda. Curug Trocoh ataupun Curug Surodipo memiliki keisitmewaan berbentuk terjunan bertingkat sampai 5 kali dengan besar masing-masing berjarak kurang lebih 20 meter. Air terjun Trocoh ataupun Air terjun Surodipo memiliki ketinggian kurang lebih 120 meter yang selalu keluarkan air dan tidak pernah kering. walaupun masa kemarau, air terjun di dataran besar Temanggung ini tidak pernah kering, apalagi pada masa penghujan pasti airnya akan sangat melimpah.

Lokasi air terjun yang dikelilingin separuh bundaran berbentuk tebing bebatuan yang indah seakan membentuk relief eksotis dengan ditumbuhi pula bermacam tumbuhan besar di tebian tebingnya. Beberapa bebatuan alam besar yang berada di ujung bawah air terjun mampu dimanfaatkan wisatawan yang datang untuk bersantai diatasnya sembari membiarkan sapuan air dari percikan air terjun yang jatuh membasahi tubuh.

Memiliki 5 Air Terjun

Curug Surodipo memiliki 5 titik Air Terjun yang lokasinya tidak berjauhan antara satu dan yang lain.

Namun sekali lagi karena medan yang berat membuat susah untuk mendekat ke lokasi Air Terjun yang lain, hanya suara gemuruh airnya saja yang terdengar.

Biasanya hanya kanak-kanak muda yang berjiwa petualang yang mampu menjangkau sampai ke 5 lokasi Air Terjun di Desa Tawangsari tersebut.

Curug Surodipo memang memiliki pesona alam yang luar biasa namun masih tersembunyi. Namun tak usah kawatir karena Pemerintah wilayah Kabupaten Temanggung lekas paham akan hal ini, karena data yang aku mampu bahwa Desa Tawangsari belum lama ini telah dijadikan sebagai salah satu Desa Wisata di Kabupaten Temanggung. Dibuktikan juga dengan akses jalan dari Kecamatan Wonoboyo ke arah Obyek mulai diperlebar.

Tidak hanya keelokan air terjun Trocoh saja yang mampu dinikmati oleh wisatawan, keelokan alam sekitar yang mampu menjadi media rileksasi yang pas untuk memberantas kepenatan yang dirasakan oleh tubuh. panorama alam luas dataran di bawah juga mampu dilihat oleh wisatawan yang berjalan mengarah lokasi air terjun berada. Sangat menantang dan indah sekali ekspedisi mengarah lokasi Curug Trocoh/Curug Surodipo.

Curug Trocoh ataupun Curug Surodipo merupakan obyek wisata air terjun di dataran besar Temanggung yang berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Tretep/Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Lokasi ini berada 38 kilometer arah timur laut dari pusat kota Temanggung mengarah kecamatan Tretep/Wonoboyo. sehabis sampai di kecamatan Wonoboyo akan dilanjutkan mengarah desa Tawangsari sekitar 7 kilometer dengan jalan sedikit berbatu. sehabis sampai di desa Tawangsari akan dilanjutkan mengarah ke lokasi air terjun dengan menelusuri jalan setapak sepanjang 3 kilometer. Belum adanya sarana parker kendaraan membuat beberapa wisatawan yang membawa kendaraan harus menitipkan kendaraan mereka ke rumah warga sekitar.

Lokasi

Alamat Curug Trocoh/Curug SurodipoDesa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Rute Jalan

Dari pusat Kota Temanggung kurang lebih berjarak sekitar 40 kilometer ke arah Barat Daya, bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 atau juga roda 4 sampai dengan tempat parkir sehabis Pos TPR.

Anda hanya dikenai restribusi masuk sebesar Rp 5000 saja itu sudah tercantum biaya parkir kendaraan. seandainya anda ingin datang ke Curug Surodipo, inilah rute jalan utama mengarah lokasi.

Sekian informasi tentang Objek Wisata Curug Trocoh Temanggung. Semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here