Apabila Anda merasa jenuh, letih dengan seluruh rutinitas tiap hari yang menghabiskan tenaga dan benak, paling utama bagi warga yang tinggal di perkotaan mungkin barang sejenak bisa meluangkan waktu istirahat sembari menikmati indahnya Hutan Pinus Sigrowong di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Hutan Pinus Sigrowong ialah tempat wisata alam masih perawan berbentuk rimbunan tumbuhan pinus, dengan halaman di sekitarnya. Simak artikel Wisata Alam Hutan Pinus Sigrowong Temanggung berikut ini.

Suasanya begitu asri dan sudah pasti berhawa sejuk. sangat cocok untuk menenangkan benak, membuat rileks tubuh, dan menyegarkan otak.

Objek wisata alam berbentuk halaman Gua Sigrowong di Desa Gesing, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah kian diminati wisatawan sejak diresmikan sekitar setahun yang lalu, kata Fadkul Umam, anggota Kelompok Sadar Wisata Rimba Mulya, pengelola tempat wisata. halaman Gua Sigrowong berbentuk kawasan hutan seluas sekitar 4 hektare milik Perhutani setempat yang pengelolaan untuk objek wisata alam bekerja sama dengan lembaga masyarakat desa hutan setempat.

Hutan Pinus Sigrowong ialah obyek wisata alam yang masih sangat rimbun dengan ditumbuhi semak belukar membuat hati cemas dan kadangkala enggan untuk melewatinya, meski hutan tersebut merupakan jalan utama untuk mengarah suatu tempat yang wajib kita datangi. Hal ini pernah aku rasakan saat melewati hutan Pinus di wilayah Kandangan Temanggung.

Sejarah Hutan Pinus Sigrowong

Sekilas nampak biasa saja, dimana dimensi gua ini kecil dalamnya hanya 7 meter dan cukup untuk menampung 5 orang berusia. Namun seandainya menilik sejarahnya gua ini menjadi luar biasa, betapa dahulu para pejuang harus bersembunyi di hutan untuk bergerilya.

Sebuah nama Hutan pinus Sigrowong memiliki sejarah yang tak lepas dari gua yang berlokasi di tengah hutan pinus. Gua yang berukuran 80 cm dan memiliki kedalaman 7 meter, dulunya digunakan sebagai persembunyian para Tentara Pelajar di Temanggung pada saat Belanda melaksanakan agresi dalam kurun waktu 1949-1950.

Lokasi Hutan Pinus Sigrowong

Hutan Pinus Sigrowong Hutan Pinus Sigrowong (Segrowong) yang berada di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung.

Rute mengarah Hutan Pinus Sigrowong

Dari Kota Temanggung ekspedisi mampu ditempuh dengan kendaraan individu baik sepeda motor ataupun mobil, kurang lebih 2 puluh 5 menit. Dari pusat kota Temanggung seandainya bakal mengarah Sigrowong harus mengarah ke utara arah Jalan Gajah Mada, dan sampai Pertigaan Maron belok ke kanan lurus hingga sampai ke Sigrowong.

Sarana wisata Hutan Pinus Sigrowong

Hutan Pinus Sigrowong kemampuan wisata tidak hanya adanya Gua Sigrowong, hutan pinus di tempat ini ternyata sudah terbiasa menjadi ajang para atlit offroad Nasional berlaga. Beberapa kali sudah dihelat event offroad berkelas nasional. Keadaan yang masih alami dengan lebatnya hutan menjadi sajian tertentu dari para offroader saat melintas.

Tidak hanya ada track untuk offroad terdapat pula camp zona yang sangat aman dan nyaman. Sumber air yang melimpah menjadi camp zona ini bisa dinikmati oleh semua golongan. Gazebo-gazebo yang dipasang oleh pengelola diatas pohon-pohon pinus, menambah daya tarik tertentu buat siapapun yang datang untuk cuma memandang keelokan hutan sembari mengabadikannya melalui potret-potret selfie.

Pada taman-taman dibentuk meja kursi dari kayu, yang bisa dipakai untuk kongkow ataupun sembari membaca buku dan nyeruput kopi robusta Kandangan, sembari menyantap jagung bakar dari orang dagang di lokasi tersebut. kanak-kanak kecil juga bisa bermain dengan sarana ayunan, tangga di sekitar tumbuhan. Hewan-hewan ternak seperti ayam ketawa juga dipelihara di tempat tersebut.

Beberapa spot menarik untuk foto bisa menjadi primadona antara lain di dekat kolam, gubuk, di kapalkapalan di bagian atas, dan ada pula sebuah gua kuno tinggalan perang kemerdekaan. Gua Sigrowong yang maksudnya berlubang ini bisa jadi ialah inspirasi nama kawasan ini menjadi Hutan Sigrowong.

Sekilas Info tentang Wisata Alam Hutan Pinus Sigrowong Temanggung. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here