BesokSukses.com – Pada hari ini, tepatnya 12 November 2019, Google Doodle memperingati Hari Ayah Nasional. Hal tersebut dapat ditemukan jika mengunjungi situs web Google.

Pada laman tersebut, terdapat sebuah gambar yang jika diklik akan menampilkan animasi. Ada tiga pilihan mode yang dapat dipilih dan masing-masing menampilkan sebuah animasi yang berbeda.

Hari Ayah atau Father’s Day juga diperingati oleh lebih dari 75 negara lainnya pada tanggal yang berbeda-beda, seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong.

Sejarah Hari Ayah di Indonesia

Hari Ayah merupakan hari untuk menghormati ayah. Hari Ayah Nasional pertama kali dideklarasikan pada tahun 2006 lalu di kota Solo pada saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Hari Ayah Nasional ini sendiri diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama, dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Ide tersebut muncul pada saat sayembara Hari Ibu di Solo yang diselenggarakan oleh PPIP pada saat itu.

Salah satu peserta mengajukan sebuah pertanyaan pada saat sayembara tersebut. “Kapan diadakan sayembara menulis surat untuk Ayah?”, tanya salah satu peserta.

PPIP setelah itu berbegas mencari berbagai informasi mengenai Hari Ayah, dan menanyakan apakah Hari Ayah di Indonesia sudah ditetapkan atau belum.

Berawal dari hal tersebut, PPIP melewati banyak kajian yang cukup panjang yang pada akhirnya mereka menggelar deklarasi dan menetapkan 12 November sebagai peringatan Hari Ayah Nasional.

Deklarasi Hari Ayah Nasional juga dilaksanakan di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pada deklarasi tersebut, diluncurkan sebuah buku berjudul ‘Kenangan untuk Ayah’ yang memuat 100 surat anak Nusantara yang diseleksi pada saat sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Selamat Hari Ayah Nasional!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here