BesokSukses – Pada hari ini, tepatnya tanggal 4 Desember 2019, Google Doodle merayakan Taman Nasional Lorentz pada situs pencariannya melalui Google.com dengan tampilan gambar hewan beo Pesquet, pegunungan, rumput-rumput, pohon-pohon, dan sungai.

Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu kawasan tersebesar di Asia Tenggara yang berada di Papua. Taman ini merupakan salah satu dari Situs Warisan Dunia (UNESCO).

World Wildlife Federation (WWF) dan UNESCO menjaga ketat wilayah tersebut dari berbagai ancaman seperti penebangan, perburuan, dan polusi.

Kawasan dan wilayah pada Taman Nasional Lorentz memiliki sebuah gletser, hal ini menjadikannya sebagai salah satu dari tiga kawasan dan wilayah di dunia yang memiliki gletser di daerah tropis.

Wilayah pada taman ini juga memiliki banyak persediaan mineral dengan operasi pertambangan berskala besar.

Taman ini mempunyai banyak keanekaragaman hayati seperti hujan sagu, hutan rawa, hutan hujan, padang rumput dan lainnya.

Jenis satwa yang telah diindentifikasi di kawasan Taman Nasional Lorentz dapat dibilang banyak yaitu mencakupi 630 jenis burung, dan 123 jenis mamalia.

Selain banyaknya jenis satwa, Taman Nasional Lorentz merupakan tempat tinggal bagi Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat yang telah menempati wilayah tersebut sejak lama.

Nama pada taman ini diambil dari salah satu penjelajah yang berasal dari Belanda yaitu Hendrikus Albertus Lorentz. Lorentz telah melewati wilayah tersebut pada tahun 1909.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here