BesokSukses – Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang paling sering digunakan dengan pengguna aktif sebanyak 1 milyar dari seluruh penjuru dunia untuk setiap bulannya. Media sosial tersebut juga banyak digunakan oleh kalangan artis/selebriti, tokoh terkenal, public figure, dan lainnya.

Pada zaman yang modern ini banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab membuat akun palsu dengan mengatasnamakan nama-nama tokoh publik terkenal. Akun-akun palsu itu sering digunakan untuk menipu, menjelekkan nama baik, dan sebagainya.

Maka dari itu, Instagram memiliki fitur logo centang biru atau yang sering disebut verified account. Dengan menggunakan fitur verifikasi, kamu yang sebagai tokoh publik atau pemilik perusahaan terkenal tidak perlu lagi khawatir terhadap akun-akun palsu.

Keuntungan bagi pengguna Instagram lainnya adalah mereka dapat mengetahui akun resmi/asli kamu atau perusahaan kamu. Mereka tidak perlu khawatir tertipu dengan akun-akun palsu.

Syarat Untuk Verifikasi Instagram

Instagram memiliki kententuan dan syarat-syarat untuk memverifikasi akun Instagram. Berikut ini adalah syarat yang harus dilakukan sebelum mengajukan verifikasi Instagram.

1. Tokoh atau Perusahaan Terkenal

Jika kamu atau perusahaan kamu tidak terkenal di kalangan masyarakat (Minimal dalam negeri), maka besar kemungkinan Instagram tidak akan memverifikasikan akun kamu atau perusahaan kamu.

2. Artikel Dari Situs Terpercaya

Nama kamu atau perusahaan kamu telah tertulis atau tercantum di situs-situs terpecaya. Selain itu, kamu membutuhkan setidaknya 5 atau lebih (semakin banyak semakin bagus) dari situs yang berbeda-beda.

3. Autentik

Akun Instagram harus autentik, asli. dan jelas, yang berarti akun bukan berasal dari tokoh fiksi atau tidak nyata.

4. Akun Bersifat Publik dan Lengkap

Akun Instagram harus bersifat publik dengan foto profil dan tulisan bio yang lengkap. Selain itu tidak mencantumkan tautan yang berisi ajakan untuk add friend, follow, like, atau sejenisnya ke sosial media lain.

5. Mengikuti Ketentuan Penggunaan dan Panduan Komunitas

Jika tidak memenuhi ketentuan penggunaan dan panduan komunitas yang dibuat oleh Instagram, maka besar kemungkinan pengajuan verifikasi akan ditolak.

Cara Mengajukan Verifikasi di Instagram

Jika kamu sudah memenuhi persayarat di atas, maka kamu harus mengajukan verifikasi di Instagram. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengajukan verifikasi akun Instagram.

1. Login Akun Instagram

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah untuk masuk ke dalam akun Instagram kamu melalui aplikasi Instagram.

2. Buka Bagian Halaman Profil

Selanjutnya, buka bagian halaman profil dengan cara ketuk logo di bagian kanan bawah aplikasi Instagram.

3. Ketuk Logo Garis Tiga

Lalu ketuk logo garis tiga di kanan atas bagian halaman profil akun kamu.

4. Ketuk Pengaturan

Setelah itu, silakan ketuk pengaturan yang berada di paling bawah dengan logo roda bergigi.

5. Ketuk Akun

Pada bagian pengaturan, silakan ketuk tulisan ‘Akun.’

6. Ketuk Minta Verifikasi

Pada bagian akun, silakan ketuk tulisan ‘Minta Verifikasi.’

7. Isi Formulir

Silakan isi data-data dengan lengkap pada formulir yang telah disediakan oleh pihak Instagram.

8. Ketuk Kirim

Jika sudah selesai mengisi data-data pada formulir sebelumnya, silakan ketuk tulisan ‘Kirim.’

9. Selesai dan Tunggu

Langkah terakhir adalah kamu harus menunggu ajuan verifikasi kamu diperiksa oleh pihak Instagram.

Kenapa Pengajuan Saya Ditolak Instagram?

1. Bukan Tokoh atau Perusahaan Terkenal

Penolakan pengajuan verifikasi akun Instagram yang sering adalah kamu atau perusahaan kamu tidak terlalu terkenal di masyarakat. Sehingga pihak dari Instagram tidak dapat menemukan artikel mengenai kamu atau perusahaan kamu.

2. Kurangnya Artikel Dari Situs Terpecaya

Pihak Instagram akan menolak pengajuanmu jika kamu atau perusahaan kamu tidak mempunyai banyak artikel yang ditulis oleh situs-situs terpercaya.

3. Kesalahan Pada Pengisian Formulir

Kesalahan kecil ini juga berdampak pada penolakan pengajuan kamu. Pastikan pengisian formulir pengajuan sudah tepat dan baik.

4. Melanggar Peraturan Instagram

Jika akun kamu atau perusahaan kamu memiliki konten yang dilarang oleh Instagram, maka pengajuan kamu akan besar kemungkinan ditolak.

5. Tidak Autentik

Akun yang tidak autentik atau palsu juga akan ditolak pada saat pengajuan verifikasi akun Instagram.

6. Akun Private

Akun kamu atau perusahaan kamu pada saat pengajuan tidak boleh dalam keadaan private atau rahasia.

Apakah Jasa Verifikasi Instagram di Internet Aman?

Jika kalian mencari-cari jasa verifikasi akun Instagram di internet lalu kalian menemukan situs yang menyediakan jasa tersebut, maka besar kemungkinan jasa tersebut merupakan penipuan.

Kebanyakan dari jasa-jasa tersebut tidaklah asli karena memverifikasi akun Instagram bukan hal yang mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang.

Harus diketahui bahwa tidak semua jasa-jasa itu adalah penipuan, masih terdapat agensi-agensi yang benar-benar dapat memverifikasikan akun Instagram. Selain itu, kamu harus mengetahui mengenai agensi yang akan dipilih.

Penutup

Sekian artikel tips dan trik tentang cara verifikasi akun Instagram, semoga dapat membantu kamu yang ingin memverifikasikan akun Instagram. Semoga pengajuan verifikasi kamu dapat diterima dengan mengikuti artikel ini.

Jika kamu masih belum mengerti dan butuh bantuan, silakan komentar melalui kotak komentar di bawah artikel ini. Komentar kamu akan dibalas secepatnya.

BesokSukses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here