Apa itu VPN?

VPN adalah kepanjangan dari Virtual Private Network, bagi kamu yang sudah mengenal VPN pasti ada yang menggunakan pada PC dan juga smartpone pribadi masing-masing.

Namun menariknya, kamu bisa menggunakan VPN tanpa harus melakukan kegiatan root terlebih dahulu. Sayangnya, fitur keren ini tidak banyak orang yang tau dan sangat jarang digunakan oleh sebagian orang. Padahal, VPN sangat berguna untuk membobol akses yang telah diharamkan oleh pemerintah dan juga bisa mengamankan akses pribadi kamu loh.

Lalu bagaimana Cara menggunakan VPN di android? Berikut ini adalah beberapa tutorial yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya :

Cara Menggunakan VPN Tanpa Root

Cara Menggunakan VPN di Android Tanpa Aplikasi

Faktanya, android memang sudah menyediakan aplikasi VPN bawaan ketika pembuatan smartphone itu berlangsung. Namun untuk bisa menjalankan dan mengaplikasikannya sedikit berbeda, kamu perlu menyesuaikan pengaturan yang ada pada aplikasi tersebut sebelum melakukan kegiatan dengan VPN.

Dan jika kamu sudah masuk pada aplikasinya, kamu juga diharuskan untuk mengatur segala pengaturan agar sesuai dengan ketentuan. Dan kamu juga perlu mencari VPN PPTN atau bisa disebut jaringan yang akan digunakan untuk melakukan kegiatan VPN.

Ternyata ribet sekali ya? Jika kita tidak mempunyai akun VPN PPTN lalu kegiatan yang akan dilakukan tidak bisa berjalan dengan kemauan kita, tapi jangan khawatir jika menemukan akun VPN PPTN itu berbayar, sebenarnya untuk menemukannya tidak dikenai biaya apapun kok. Berikut ini adalah langkah dan cara menggunakan VPN di android tanpa root :

1. Membuat Akun VPN PPTP

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Jika kamu bingung bagaimana cara membuat akun VPN PPTP, kamu bisa membuka situs VPNBook.com.
  2. Mencatat akun VPN PPTP secara gratis yang sudah ada pada halaman, bertuliskan pada ujungnya yaitu vpnbook.com yang merupakan server VPN kamu.
  3. Kemudian kamu bebas untuk memilih mana saja server yang akan kamu gunakan untuk menjelajah internet. Kemudian kamu juga diwajibkan untuk mencatat username dan juga password.
  4. Membuka pengaturan VPN pada halaman pertamanya, setiap smartphone pastinya letaknya akan berbeda.
  5. Mengisi kolom pada alamat server, kemudian nama kamu sebagai pengguna VPN< dan sandi sebagai keamanan yang disesuaikan dengan VPN PPTP yang sudah kamu dapatkan pada situs VPNBook.
  6. Jika semua langkah-langkahnya sudah beres, kamu tinggal pilih save/oke.
  7. Untuk tahap yang terakhir, kamu bisa memilih pengaturan yang ada pada VPN yang sudah anda buat dengan memilih toogle yang terletak pada garis VPN.

Nah itu dia cara pertamanya gaes. mau tahu cara yang lainnya? Yuk kita simak Cara menggunakan VPN di android di bawah ini:

2. Menyembunyikan IP addres

Untuk kamu pengguna VPN pasti merasa akan sedang mengakses jaringan lokalnya, namun kenyataannya hanya menggunakan jaringan public.

IP untuk client memang tergantung dengan server IP, contoh seperti saat kita login dan browsing yang berasal dari Indonesia, namun menggunakan VPN Singapore, maka nantinya kita akan dianggap sebagai seorang warga Singapore.

Ada berbagai jenis macam protokol jaringan yang ada pada aplikasi VPN untuk nantinya bisa dipergunakan dalam memproses ontentikasi menjelajah internet, protokol yang saya maksud diantaranya:

  • Secure Sockets Layer SSL
  • Point-To-Point Tunnelig Protocol
  • IP Security
  • Layer 2 Tunneling protocol

3. Cara setting VPN pada Android

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kita menggunakan VPN tanpa adanya root bukan? Dan menggunakan pengaturan bawaan saja. Dengan begitu, kamu tidak asal menyomot aplikasi VPN yang sudah banyak tergeletak di barisan Google Play store agar bisa menghemat kuota maupun memori perangkat smartphone kamu.

Untuk cara yang satu ini mudah kok, kamu hanya perlu mengikuti tahapan berikut dalam penggunaan VPN di Android.

  1. Kamu langsung saja meluncur ke menu setting.
  2. Kemudian akan ditemukan beberapa kategori yang berbaris, kamu pilih kategori Wireless & Network lalu klik More.
  3. Di kategori ini akan ada beberapa pilihan, seperti default SMS app, Tethering, kemudian Airplane Mode, tapi kamu hanya perlu memilih VPN saja.
  4. Kamu pilih 3 titik yang terletak pada kanan pojok atas.
  5. Kalau sudah, kamu tinggal memilih Add VPn profie yang berfungsi agar bisa menambahkan pengaturan VPN yang bisa disalurkan pada smartphone Android kamu.
  6. Kemudian yang terakhir, mengisi kolom yang berupa data.
  7. Kamu tinggal menekan tombol Save agar bisa menyimpan konfigurasi dan bisa menjaga keamanan akun VPN kamu.
  8. Lalu kembali ke pengaturan virtual private network kemudian selesai deh.

4. Cara Disconnect VPN

Jika kamu ingin menyudahi menjelajah internet, kamu bisa melakukan cara agar sambungannya terputus dengan cara yang aman. Berikut caranya:

  1. Memasuki Settings
  2. Kemudian pilih kata More
  3. Tekan pada barisan daftar VPN service yang sedang aktif.
  4. Kemudian klik Disconnect, maka VPN yang kamu gunakan tidak akan nyala dan memboroskan kuota kamu hehe.

5. Cara mengoneksikan VPN di Android

Jika kamu sudah selesai dengan urusan setting, maka kamu harus pergi mengecek hasilnya. Kamu hanya perlu membuka VPN seperti langkah yang sebelumnya, maka nanti akan menunjukan profil yang sebelumnya sudah kamu buat untuk akun VPN kamu.

Untuk bisa mendapatkan free VPN, kamu tidak harus kok melakukan tahapan registrasi. Kamu hanya tinggal membuka VPNBook Free VPN saja. Jika semuanya sudah bisa terhubung dan berhasil, maka nanti akan muncul Connected pada ikon status bae Android paling atas.

Selesai deh. Gampang bukan? Bisa dipraktekan dimana saja.

6. VPN Server Addres List

Ada beberapa tempat yang sangat kita butuhkan, dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa mendapatkannya loh. Kamu hanya menyesuaikan saja dengan kebutuhan yang kalian inginkan. Dan pengaturan tersebut bisa disesuaikan jika kamu menggunakan VPN service dalam prosesnya.

Adapun cara yang lainnya nih.

Cara Menggunakan Turbo VPN di Android

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi ini? Bisa digunakan dengan gratis dan unlimited sampai kamu bosan loh.

Aplikasi ini menyediakan pelayanan Innovavative Connection dengan cara yang mudah dimengerti penggunanya. Dengan hanya klik kamu bisa menjelajah internet dengan sesuka hati. Langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Mendownload Turbo VPN di layanan Google Playstore, tunggu hingga prosesnya mencapai 100% dan sudah berhasil diinstall.
  2. Kemudian kamu buka aplikasi Turbo VPN, dan klik ikon wortel dibawah gambar kelinci yang tepat pada tengah layarnya.
  3. Anda dimohon tunggu beberapa saat sampai konfigurasi yang diajukan dapat diterima.
  4. Kemudian akan muncul tulisan Connected atau bisa juga Terhubung, kamu sudah bisa memakai Turbo VPN sepuas hati dengan anggaran kuota yang tidak terlalu besar.

Nah, itu dia beberapa tips dan trik bagaimana menggunakan VPN tanpa root. Mudah kan? karna hanya dengan klik semua terselesaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here