Siapa yang suka dan tertarik dengan hal-hal yang berbau seni? Video? Dan editor segala macam? Jaman sekarang untuk bisa mengedit video menjadi video yang berkualitas tidak harus susah dan ribet loh, mau tau gimana caranya? Berikut adalah tips dan trik cara menggunakan aplikasi kinemaster untuk pemula di Android.

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Kinemaster nih gaes. Kinemaster sendiri adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mengedit video menjadi lebih bagus dan tertata. Mungkin ada sebagian orang yang mengedit video selalu didepan komputer bukan?

Tapi jangan salah, saat ini dengan Kinemaster kamu bisa mengedit berbagai video kesukaanmu hanya dengan menggunakan Android. Aplikasi Kinemaster juga banyak sekali fiturnya, seperti menggabungkan frame, efek suara, tambahan anime, dan lainnya. Lalu bagaimana cara menggunakan kinemaster untuk pemula? Berikut ini adalah tutorial lengkapnya terutama untuk pengguna HP Android.

Cara Menggunakan Aplikasi Kinemaster di Android

Berikut Cara Menggunakan Aplikasi Kinemaster di Android yang dapat kalian coba :

  • Untuk bisa memulai proses dalam pengeditan, maka kamu bisa meng klik media browser â€“Buka dan Cari file.
  • Jika sudah, kalau kamu ingin melakukan tahap pemotongan frame pada video maka bisa klik area video bagian bawahnya dan pilihlah tanda gunting.
  • Kemudian, kalau kamu ingin melakukan proses pelambatan dan kecepatan pada video, kamu bisa klik area video yang bawah dan pilihlah tanda jam.
  • Kalau ingin videonya lebih bagus, dan kamu ingin menambahkan beberapa teks, entah itu untuk subtitle ata sebagai hiasan video. Kamu bisa memilih layer-tambahkan teks- lalu pilih warna yang akan diinginkan sebagai dasar warn teks tersebut. Semakin unik pastinya akan semakin bagus.
  • Untuk penambahkan yang lainnya adalah suara video yang berfungsi agar video lebih enak didengar dengan tambahan musik-musik yang pastinya sedang trend atau bisa juga kesukaanmu dan bisa diterima oleh banyak kalangan. Kamu bisa klik video-temukan file mp3.
  • Yang terakhir, kamu bisa menambahkan beberapa animasi atau gambar bergerak pada video atau beberapa gambar dengan watermark yang lucu, pastinya video kamu akan lebih unik dibanding yang lainnya. Kamu bisa klik Layer-Gambar-lalu tempelkan kevideo ke bagian mana saja yang diinginkan lalu juga menyesuaikan dengan ukuran yang semestinya.

Fitur Kinemaster

Kamu juga perlu mengetahui beberapa fitur yang disediakan oleh Kinemaster nih gaes.

  • Multi Track Audio, adalah fitur yang mampu menambahkan audio video kamu menjadi 4 bagian audio tambahan yang lain.
  • Color Adjustment, adalah fitur yang mampu menambahkan beberapa filter warna untuk video yang sedang kamu edit, atau mengatur brightness video, contrast warna pada video, dan saturasi video. Dengan begitu video akan lebih ceria.
  • Precition Editing, adalah fitur yang bisa melakukan pemotongan bagian-bagian video/frame dan dapat diatur ulang sesuka hati. Lalu bisa juga untuk mengatur timing klip audio dan mampu mengolah dan memisahkan menjadi satu frame, dengan begitu dapat menghailkan video yang selaras dan pas.
  • Multiple layer, adalah fitur yang bisa menambahkan sentuhan teks, tulisan tangan, gambar lucu, dan atu layer stiker.
  • Instant Preview, adalah fitur yang bisa melihat priview video yang sedang dalam proses pengeditan tanpa diharuskan beberapa jam menunggu render dan import.
  • Vioce Recording, adalah fitur yang mampu melakukan sebuah rekaman suara disaat proses preview video yang kemudian bisa menjadikan video lebih seimbang dan tertata dengan rapi sesuai alur video tersebut.
  • Chroma Key, adalah fitur yang dapat melakukan penggabung-gabungan video atau foto dengan cara pemanfaatan green screen atau bisa disebut dengan gambar buatan.
  • Speed Control, adalah fitur yang bisa merubah kelambatan, kecepatan pada video sesuai dengan video apa yang akan dihasilkan. Kecepatan video juga ada banyak tingkatannya, seperti 0.5x atau sampai 1.5x
  • Pro Audio Features, adalah fitur yang bisa membuat berbagai format audio suara. Dengan cara mengatur besar kecilnya suara yang nantinya akan dihasilkan menjadi pendamping video agar video lebih enak didengar dan mampu diterima masyarakat manapun.

Tutorial dan Cara Menggunakan Aplikasi Kinemaster

1. Membuat Project Video

  • Pertama-tama buka aplikasi Kinemaster, lalu pilih logo yang memang sudah terpampang nyata pada bagian depannya.
  • Untuk langkah yang selanjutnya, kamu bisa memilih Empty Project, dengan begitu kamu bisa melakukan kegiatan mengedit video seperti halnya background, suaa, crop video, menambahkan teks dan yang lain-lain.

2. Menambahkan Video keProject

  • Jika kamu sudah selesai dengan project yang sudah kamu buat, kamu bisa menambahkan video dengan cara memilih opsi Media Browser.
  • Setelah Media Browser sudah kamu pilih, maka selanjutnya akan muncul berupa daftar video yang telah tersimpan diAndroid, kamu bisa memilih mana saja video yang akan ingin kamu edit untuk seru-seruan, dan ketika memilih kamu juga bisa memilih video yang akan diedit bisa lebih dari satu maam video. Jika sudah, kamu klik logo yang bergambar centang yang terdapat pada pojok kanan atas layar ya.
  • Dan, video yang sudah kamu pilih akan muncul pada project yang akan diproses.

3. Memotong/meng cut/crop/ video pada Project

  • Cara untuk memotong setiap bagian videonya, kamu hanya perlu menandai beberapa video kamu yang telah ada pada projectnya. Jika sudah terpilih, video tersebut bisa kamu tandai dengan warna kuning. Lalu pilih logo bergambar gunting yang berada pada menu editor.
  • Jika sudah memilih logo bergambar gunting, kamu akan melihat bahwa akan muncul menu yang baru seperti Trim to left of played. Kalau kamu sudah melihatnya, kamu bisa klik logo yang bergambar centang.

4. Edit Backsound

  • Cara untuk memasukan suara pada project adalah dengan memasukan beberapa jenis lagu, atau genre musik yang lainnya yang kamu sukai. Lalu kamu pilih opsi Audi. Kemudian akan muncul deretan daftar file lagu kamu yang nantinya akan dipilih sebagai backsound video.
  • Deretan daftar lagu tersebut, silahkan kamu pilih dan klik logo plus(+) dan lalu klik yang bergambar centang.
  • Jika kamu ingin menghilangkan bawaan suara kamu yang ada pada video, kamu bisa klik videonya lalu pilih opsi Speaker kemudian nanti akan muncul menu editor untuk suara, jika ingin membisukan atau mentiadakan suara kamu juga bisa pilih opsi Speaker kembali.

5. Menambahkan tulisan/teks

  • Didalam video pasti ada saja bukan orang yang ingin videonya lebih menarik, yaitu penambahan teks divideonya. Kamu hanya harus memilih Layer dan kemudian pilih Text dan kemudian memasukan berbagai tulisan sesuai dengan kemauan mu kedalam videonya.
  • Jika ingin mengubah jenis huruf, warna agar lebih menarik atau bahkan animasi agar lebih ceria. Kamu bisa memilih opsi Review Hape dengan warna font sesuai dengan keinginan.

Nah, itu dia tips dan trik penggunaan Kinemaster dihape Android tuh. Bagaimana? Mudah, cepat, dan juga praktis bukan? Karena kita lebih suka memegang smartphone ketimbang PC, hal-hal seperti ini bisa saja memang menguntungkan bagi kita. Apalagi untuk kamu yang suka mengedit video atau mengedit foto agar lebih menarik bukan? Jangan lupa untuk mempraktekannya dirumah ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here