Besok SuksesAuto correct atau sering di sebut juga sebagai auto text adalah fitur yang terdapat dalam ponsel android yang memiliki fungsi dan kegunaan untuk mengkoreksi dan membetulkan kata yang salah ketika kita sedang melakukan pengetikan pada keyboard ponsel. Yang masih menjadi kekurangan dari fitur ini adalah auto correct hanya bisa membetulkan kata dalam bahasa Inggris.

Kadang kala auto correct menjadi kendala ketika kita sedang ingin mengetik kata dengan bahasa indonesia namun ponsel android kita malah mengkoreksi kata tersebut karena tidak ditemukan kata semacam itu dalam bahasa Inggris.

Solusi yang bisa kamu lakukan ketika terganggu dengan auto correct adalah dengan mematikan fitur tersebut. Berikut adalah cara menonaktifkan fitur auto correct pada ponsel android.

Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android

  • Buka Menu Pengaturan Android
  • Ketuk Menu “Bahasa dan Masukkan”
  • Ketuk Ikon Pengaturan di Samping Jenis Keyboard
  • Ketuk Menu “Autocorrect”
  • Ganti Opsi Menjadi “Off”

1. Buka Menu Pengaturan Android

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menonaktifkan fitur auto correct atau auto text pada ponsel android adalah dengan masuk ke menu pengaturan atau setting atau setelan. Nama menu tersebut tergantung dengan bahasa ponsel yang kamu gunakan.

2. Pilih Menu “Bahasa dan Masukkan”

Setelah kamu klik menu pengaturan tersebut maka akan muncul beberapa sub menu dan kamu pilih serta klik sub menu dengan tulisan “Bahasa dan Masukan”, atau kalau dalam bahasa inggris kamu klik sub menu dengan tulisan “Language and Input”.

3. Pilih Pengaturan di Samping Jenis Keyboard

Langkah berikutnya adalah kamu pilih jenis keyboard yang kamu gunakan dan klik menu atau ikon pengaturan yang tertera persis di samping dari jenis keyboard yang kamu gunakan. Beberapa jenis keyboard tersebut antara lain adalah Android Keyboard atau AOSP, Google Keyboard, Samsung Keyboard, TouchPal X dan lain sebagainya.

4. Pilih Menu “Autocorrect”

Jika kamu telah klik ikon setitng dari jenis keyboard yang kamu, langkah berikutnya adalah kamu pilih sub menu auto correct.

5. Ubah Opsi Menjadi “Off”

Kamu pilih dan klik off pada menu auto correct tersebut. Maka fitur auto correct telah dinonaktifkan.

Manfaat dari Auto Correct

  • Memperbaiki Tata Bahasa
  • Efisiensi Waktu Dalam Pengetikan
  • Mempermudah Mengetik Bahasa Inggris

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara menonaktifkan fitur auto correct yang dirasa menurut mu mengganggu, namun kamu harus tahu beberapa manfaat dari fitur auto correct tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari fitur auto correct pada ponsel android.

1. Memperbaiki Ejaan

Dengan kamu mengaktifkan fitur auto correct maka fitur tersebut akan membantu kamu dalam membetulkan ejaan yang salah sehingga kata yang kamu ketikan bisa lebih benar.

2. Mengetik Lebih Cepat

Fitur auto correct juga akan membantu kamu mengetik lebih cepat. Karena fitur ini akan dapat memprediksi kata apa yang ingin kamu ketikan sehingga kamu tinggal mengetik beberapa huruf saja maka fitur ini akan menyarankan kata yang sesuai dengan huruf yang kamu inginkan.

3. Mempermudah Mengetik Bahasa Inggris

Dengan menggunakan fitur auto correct maka kamu akan di mudahkan ketika mengetik kata dalam bahasa Inggris.

Kekurangan Fitur Auto-Correct

  • Pengetikkan Terkadang Salah
  • Membuat Pengguna Sulit Saat Mengetik

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari fitur auto correct.

1. Mudah Typo

Kadang kamu ingin mengetik suatu kata namun yang tertulis di keyboard adalah kata yang lain sehingga ketika kamu menggunakan fitur auto correct jika tidak teliti maka bisa saja salah penulisan atau typo. Semisal kamu ingin mengetik kata “mata”, namun auto correct menuliskan “mati”.

2. Menyusahkan

Kadang ada juga orang yang justru malah merasa kesusahan dengan mengaktifkan fitur auto corret ini karena mungkin belum terbiasa atau terlalu ribet dan lain sebagainya.

Nah itulah sekilas mengenai auto correct dan cara menonaktifkan nya. Sekian dan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here